Rabu, 29 Februari 2012

Taddarus Al-Qur’an Setiap Pagi Sebagai Pembiasaan ber-Akhlakul Karimah


Menciptakan sebuah kebiasaan positif pada anak, adalah bagian dari tujuan utama kita sebagai orang tua. Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan anak setiap hari. Mulai dari membantu kesibukan orang tua (dirumah), membantu orang lain saat menemui orang lain sedang membutuhkan bantuan kita, mentaati peraturan-2 di sekolah, dan masih banyak lagi kegiatan positif yang bisa kita ajarkan untuk anak kita.

--------
 
Seperti yang biasa kita jumpai di MI Hidayatul Mubtadiin. Setiap pagi sebelum proses Kegiatan Belajar Mengajar dimulai, seluruh siswa sudah mempunyai kebiasaan positif yang membuat kita sedikit berbangga. Salah satunya adalah kegiatan Taddarus Al-qur’an. Kegiatan ini dilakukan sebelum proses KBM dimulai, dari jam 6.40 – 7.00 WIB masing-masing siswa mempunyai jadwal waktu membaca Al-Qur’an secara bergiliran. Kegiatan ini sudah berjalan kurang lebih 6 tahun yang lalu, setiap tahunnya mereka (siswa) mempunyai target harus bisa menghatamkan membaca al-qur’an minimal 3 kali dalam setahun. Dan al-hasil Alhamdulillah, kebiasaan ini sudah menjadi tradisi positif sampai saat ini. Sedangkan Siswa yang tidak mendapat giliran/jadwal membaca Al-Qur’an, mereka melakukan kegiatan bersih-bersih kelas dan halaman. Mulai dari menyirami bunga atau tanaman yang ada di halaman, menyapu, membersihkan jendela dan perabotan kelas.

-------
 
Setelah semua tugas mereka terselesaikan dengan baik, mereka bergegas masuk ke dalam kelas untuk mengikuti proses Kegiatan Belajar Mengajar bersama Bapak/Ibu Guru. Siswa-siswi MI Hidayatul Mubtadiin melakukan kebiasaan baik ini setiap hari dan dilakukan dengan ikhlas serta penuh tanggungjawab.
Semoga kegiatan seperti ini akan selalu mereka ingat dan mereka amalkan sampai kapanpun. Amin…33x.


(Salam dari redaksi)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More